Netbook dan Cara Memilih Netbook

A. Netbook

Kata Netbook pertama kali dikenalkan oleh Intel pada bulan februari 2008 untuk mendeskripsikan sebuah kategori untuk
fungsi subnotebook dengan ukuran kecil, harga murah, ringan, yang di optimalkan untuk akses internet dan kebutuhan akan fungsi core computing (seperti kebutuhan word processing) baik secara langsung dari aplikasi-aplikasi yang diinstal dalam netbook itu sendiri atau tidak secara langsung melalui cloud computing. Lebih dari 50 juta Netbook diharapkan akan diproduksi dalam tahun 2011.


Netbook adalah sebuah laptop kecil yang didesain untuk komunikasi wireless dan kebutuhan akan akses internet. Dengan harga berkisar antara $250, membuat Netbook sebuah pasar postensial dengan segmentasi pasar yang tinggi. Walaupun Netbook tidak didukung oleh fitur laptop secara keseluruhan namun pasar diharapkan akan tertarik dengan perangkat yang dibuat dengan harga yang murah yang diusungnya ujar Paul Bergevin

Perangkat seperti Acer Aspire One, Dell E, OLPC XO-1, One A110, HP 2133 Mini-Note PC, ASUS Eee PC, CloudBook, Classmate PC, MSI Wind PC, Lenovo S9 dan S10, atau VIA OpenBook adalah beberapa jenis Netbook yang telah diproduksi hingga saat ini.

Psion Netbook adalah jenis Netbook yang lebih awal yang dibuat berdasarkan pemikiran Intel dalam penggunaan nama Netbook ini. Kebanyakan perangkat Netbook diatas menggunakan prosessor jenis Intel Atom dalam memacu kinerja dari mesin ini namun ada juga yang menggunakan jenis prosessor VIA seperti HP 2133 Mini-Note PC dan VIA OpenBook. Jenis Netbook kebanyakan juga mengefisienkan fungsi yang diusungnya dengan meniadakan beberapa perangkat keras input seperti DVD dan menganti jenis penyimpanan dengan menggunakan jenis SSD seperti pada Acer Aspire One, dan ASUS Eee PC.


B. Cara Memilih Netbook

Netbook beberapa tahun belakangan telah menjadi trend. Bentuknya yang mungil, menjadi salah satu alasan mengapa Netbook banyak disenangi berbagai kalangan. Nah, sebelum Kamu memilih / membeli Netbook, ada baiknya memperhatikan beberapa aspek berikut (juga dapat berlaku untuk Notebook):

1. Spesifikasi = Kebutuhan

Sesuaikan spesifikasi Netbook dengan kebutuhan aktifitas Kamu. Jika aktifitas Kamu seperti Programming / Desain Grafis / Multimedia, daripada dipaksakan lebih baik untuk memilih yang lebih tinggi daripada Netbook. Karena akan sangat tidak memadai jika dipaksakan. Namun jika cuma browsing / office application, cukup cocok untuk dipilih.

2. Berat dan Dimensi

Pastikan sesuai dengan keinginan Kamu, dimensi dan berat. Untuk Netbook sendiri, rata-rata gak terlalu jauh bedanya antara merk satu dan lainnya. Pastikan kenyamanan Kamu jadi faktor penting.

3. Layar LCD

Ya, benar sekali bahwa Netbook umumnya memiliki Layar LCD yang berukuran lebih kecil daripada Notebook/Laptop. Rata-rata berkisar sekitar 10.2 inch. Bagi Kamu yang cukup bermasalah dengan penglihatan yang terbatas, ada baiknya mempertimbangkan faktor ukuran.

4. Keyboard dan Tuts

Sesuaikan dengan ukuran tangan dan jari Kamu. Coba mengetik beberapa saat dan rasakan sensasinya. Kalau Kamu merasa kurang nyaman, terutama yang jarinya jempol semua, pertimbangkan untuk cari yang lebih pas.

5. Baterai

Usahakan mendapat baterai yang memiliki kapasitas cukup besar, karena pasti berguna untuk penggunaan di luar ruangan (outdoor).Minimal 4 cell atau yang lebih besar 6 cell.

6. Aksesoris

Aksesoris, terdengar sepele, tapi cukup penting. Pastikan sesuai dengan kebutuhan Kamu. USB Port 2.0, Charger, Ethernet LAN, Bluetooth, Webcam, Modem 3G, dll.

7. Sistem Operasi (OS)

Sangat dianjurkan agar Kamu memilih yang include OS legal, karena akan mempermudah untuk update online atau pergi ke luar negeri. Lebih baik lagi jika Netbook memiliki system revocery yang tersimpan dalam hard drive, mengingat Netbook tidak dilengkapi Optical Drive.

8. Garansi

Pastikan juga Netbook memiliki garansi resmi, akan sangat membantu jika terjadi kerusakan. Cek kembali kelengkapan lainnya yang berhubungan dengan garansi.

0 Silakan beri komentar di sini:

Posting Komentar